MYtherhood: 3 Sikap Orang yang Mengganggu Bagi Gue Sebagai Orang Tua

Mau cerita soal parenthood (motherhood sih, mostly) tapi ini ‼️MURNI PENDAPAT PRIBADI, DAN GUE BUKAN PAKAR YA‼️

Sejak jadi orang tua, pasti dong banyak pelajaran baru dan lebih peka sama beberapa hal. Tapi kok ternyata ada hal-hal yang merasa bikin gue agak terganggu yaah… Inilah listnya:

👏🏼 Kalau sharing sama teman atau kerabat yang lebih dulu jadi orang tua, terkadang ada beberapa hal yang kurang enak. Niat dan isi konten pembicaraanya sih baik, tapi redaksinya yang nggak enak.

Misal, gue sempat mengeluh capek ketika Aksara jam tidurnya masih berantakan. Terus ada yang bilang, “Wah baru begadang… nanti pas udah gedean dikit segede (umur anaknya) bakalan (hal-hal yang lebih buruk).”

Ya gue tau sih tantangan di setiap periodenya tuh beda, tapi bukan berarti bisa belittle/meremehkan struggle orang. Mungkin buat kita yang udah ngelewatin fase itu bakalan merasa mudah, tapi kalau orang yang sedang mengalami fase itu ya pasti gak semudah kita dong.

Ini jadi pengingat, kalau mau kasi saran ya silakan… tapi jangan menyepelekan struggle orang bisa dong. 😁

👏🏼 Buat gue, melihat updatean ASIP dibuang tuh mengganggu banget. Mungkin udah basi, ya, tapi tetep ajaaa… Apalagi di awal-awal pumping tuh masih seret. Tapi gue sadar betul, platform orang lain ya suka-suka mereka lah. Pilihan ada di tangan gue. Jadi gue skip aja deh biasanya yang kayak gitu.

Akan tetapi, poinnya… gue jadi belajar untuk be considerate toward others aja sih. Ada banget temen-temen yang berjuang sama ASI-nya (termasuk gue sih, ehehe) yang kalau melihat hal-hal seperti itu mungkin akan ketrigger ya. Balik lagi, itu pilihan sih… nggak ada salah dan nggak ada benar. 🖤

👏🏼 “Mau MPASI ya? Ih mendingan jangan dikasih A, B, C deh soalnya anakku dikasih itu dilepehin tau dia gak suka”

Ini contoh aja yau. Mau konteksnya apapun gue berusaha menghindari komentar kayak gini deh. Anak tuh beda-beda, cara didik orang tua juga beda-beda………… unless you’re a certified pediatrician atau ahli gizi atu apapun yg emang ilmunua di situ NEVER say that to mothers/parents.

Kalau sharing doang tanpa ada redaksi ngatur si gak apa-apa, tp kalo udah ngatur… kayaknya gak perlu deh.

Gue juga masih belajar banget sih. Mungkin pernah kelewatan, dan kalau ada teman-teman yang tersinggung gak berkenan dengan perkataan gue, maafkan yah. Ini cuma sharing aja sih dan gue gak menyalahkan siapapun. But it’s not wrong to be more considerate toward others, right? 🖤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: